BLOGGER TEMPLATES AND Zwinky Layouts »

Sunday, May 23, 2010

Kasus Bank Century

JAKARTA, KOMPAS.com — Pemerintah dan DPR seharusnya lebih mengedepankan nasabah deposito Bank Century daripada mengurusi kasus bail out Bank Century. Pasalnya, jika dibiarkan berlarut, akan semakin banyak nasabah yang menjadi korban.

"Semestinya begitu (dahulukan nasabah Bank Century). Kalau yang dikhawatirkan tentang sistemik, maka kalau dana depositor tidak dibayarkan akan terjadi masalah sistemik juga," kata Koordinator Nasabah Bank Century Edo Abdurrahman seusai Rapat Dengar Pendapat dengan Komisi III DPR RI di Gedung DPR, Jakarta, Selasa (24/11).

Seperti yang sempat diberitakan, sebanyak 1.000 nasabah deposito Bank Century kehilangan dana yang mereka simpan. Diperkirakan total kerugian mencapai Rp 1,4 triliun. Ia menuturkan, beberapa nasabah meninggal dunia karena tertekan memikirkan kelangsungan dana yang disimpan di Bank Century. "Banyak juga yang sakit karena itu. Mau sampai kapan ini akan berlanjut," ucapnya.

Dikatakannya, para nasabah juga tidak memedulikan mengenai hak angket Bank Century yang belakangan ini kembali marak dibicarakan, yang terpenting bagi mereka adalah para nasabah mendapatkan kembali dana yang disimpannya.

Menurutnya, penyelesaian kasus dana nasabah Bank Century harus dibedakan dengan bail out Bank Century. Karena saat menyimpan dananya di Bank Century, para nasabah tidak melalui proses hukum, nasabah pun mempunyai bukti jual beli. "Sedangkan kasus bail out jelas-jelas ada pelanggaran hukum," kata dia.

sumber berita:
http://nasional.kompas.com/read/2009/11/24/17004461/nasabah.dahulukan.kasus.nasabah.bank.century

komentar:
Anggapan bahwa proses bail out yang dilakukan oleh bank indonesia adalah salah. Anda berpendapat salah karena bukan masalah keputusannya yang salah tetapi yang salah adalah proses pengucuran dananya jadi yang harus dilakukan adalah penelusuran dananya bukan proses pengambilan keputusannya. Kasus ini merupakan masalah hukum tetapi dalam perjalanannya, kasus ini menjadi masalah politik yang sulit untuk diselesaikan karena terlalu banyak masalah yang ditutupi. Bank Century memang sudah sangat ribet urusannya. Di satu sisi, pemerintah yang mengambil kebijakan dengan berbelit-belit tak kunjung memberi penyelesaian, di sisi laim masyarakat awam yang kurang begitu tahu bagaimana duduk permasalahannya jadi terombang-ambing dan tidak sedikit yang emosi sendiri. Masih banyak persoalan bangsa Indonesia yang jauh lebih penting, yang harus segera terselesaikan, misalnya saja masalah kemiskinan, bencana alam, dan sebagainya. Jika hal ini tidak segera teratasi maka permasalahan sosial akan semakin meledak, dan Indonesia bisa mengalami kehancuran.

0 comments: